Jurnal Hari Ketiga #TheSchoolofHope – Indonesia #WhereArtMeetsChange

Share on :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Workshop TSoH Day 1_c Media PSBK – Sito Adhi Anom

Scroll down

Hari ketiga workshop #TheSchoolofHope dibuka dengan membahas beberapa karya dari kreator muda yang telah dibuat pada hari sebelumnya. Peserta diajak untuk memeriksa kembali apakah karya-karya telah mencerminkan identitas mereka yang sesungguhnya.

Dhimas sedang mempresentasikan karya musiknya (Sito Adhi Anom/Media PSBK)

Kau, Aku, Kita dan Mereka

Pelajaran hari ini sangat menarik. Kreator muda diajak untuk saling mengenal lebih banyak: merasakan empati melalui kesamaan dan perbedaan antara mereka, pengalaman tunawisma melalui cerita dan statistik, makro dan mikro, serta dalam film karya Arwa Aburawa yang berjudul Your New Home.

 

Para peserta sedang menonton film pengantar dari Arwa Aburawa (Sito Adhi Anom/Media PSBK)

 

Salah satu momen diskusi kelompoknya Wahyu Rahmad Dullah dan Imanuela Dhimas (Sito Adhi Anom/Media PSBK)

Setelah mendapatkan berbagai panduan artistik dari para seniman fasilitator, kreator muda peserta workshop melanjutkan untuk membuat karya kelompok yang mengeksplorasi isu lingkungan, dan akan berkesempatan menceritakan proses kreatifnya di hari esok.

Proses kreatif menciptakan karya pertunjukan kelompok Ainur Yaqin, Zul Adha Maryani Koto, Kurnelia Sukmawati Ramadhani, dan Clara Vania Puspita (Sito Adhi Anom/Media PSBK)

 

Proses kreatif menciptakan karya video yang berjudul Label dari kelompok Fardi Prabowo Jati, Riski Maikowati, Tabita Regina dan Rumaisho Azzahro (Sito Adhi Anom/Media PSBK)

 

Foto dari karya lukis yang berjudul Tempat Yang Berbeda karya dari Kirana Emeraldi Agriasukma, Udana Maajid Pratista, Muhammad Mu’izzudin (Kirana Emeraldi Agriasukma/Media PSBK)

Kunjungi www.theschoolofhope.co.uk untuk karya-karya indah lainnya!

 

Apa kata mereka tentang pengalamannya pada hari ini?

“Makanannnya enakkk.”

Jati

 

“Hari ini aku ngerasa lebih happy karna udah lebih mengerti dan mengenal satu sama lain, dan aku juga ngerasa terharu karna disini semuanya rata (saling menghargai) tidak ada tumpang tindih. “

Rya

 

“Jalan jalan ke warung bang Ipul, mantap betullll 😭👍

Dina

 

“Dihari ketiga ini saya merasakan kesalingmengertian antara satu dengan yang lain dan itu seru.”

Dhimas

 

Challenge workshop hari ini lebih menantang dibanding hari sebelumnya. Pertama, karena berkelompok yang membuat kita harus menyatukan ide dan pemikiran. Yang kedua, karena kita diminta untuk membuat karya berdasarkan isu dan ada data statistiknya”

Martha

 

“Senang.”

Faii

“Aku seneng banget bisa collab sama teman-teman dengan latar belakang yag berbeda, kemampuan berbeda, ide, kehidupan yang berbeda-beda juga. Karena dengan bersama, bisa mencari perbedaan tapi juga bisa menemukan persamaan….”

Muiz

 

“Menyenangkan dan betul-betul merasa memiliki keluarga baru.”

Ferry

 

grafis kumpulan kata-kata dari peserta yang merepresentasikan makna empatinya pada hari Rabu, 16 Juni 2021 (Media PSBK)

 

grafis kumpulan kata-kata dari peserta yang merepresentasikan perasaannya pada hari Rabu, 15 Juni 2021 (Media PSBK)
English EN Indonesian ID